Sehebat Apa Roberto Baggio Dulu?

Sehebat Apa Roberto Baggio Dulu?

Roberto Baggio adalah salah satu pesepakbola legendaris Italia. Ia adalah satu dari sedikit pemain Italia yang pernah menggondol Ballon d’Or saat masih aktif bermain. Penyerang yang terkenal karena gaya rambut kuncirnya tersebut pasti bakal melekat pada ingatan fans sepakbola di Italia.

Mungkin banyak yang tak mengetahui betapa hebatnya Roberto Baggio dulu. Di era 90-an, nama Baggio mungkin setara dengan Messi dan Ronaldo di era 2010-an. Sebenarnya, sehebat apa Roberto Baggio dulu? Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang karir dari Roberto Baggio.

Bintang Serie A di Usia Muda

Baggio adalah pemain dengan bakat alami yang luar biasa. Pada usia 18 tahun Ia sudah memperkuat salah satu tim elit Serie A Italia saat itu, Fiorentina. Ia dibeli Fiorentina dari Vincenza pada 1985 dengan harga 1,5 juta Euro. Selama 5 tahun berada di Fiorentina, Baggio sukses cetak 39 gol.

Berkat penampilan apiknya itu, Baggio dibeli oleh Juventus pada tahun 1990. Di sinilah karir Baggio mengalami lonjakan yang sangat tajam. Ia jadi andalan utama Juventus dalam memenangi berbagai gelar. Dari Serie A, Coppa Italia hingga UEFA Cup.

Setelah dari Juventus, Baggio melanglang buana ke sejumlah klub Serie A seperti AC Milan, Bologna hingga Inter Milan. Sejumlah torehan rekor berhasil dikuir oleh pemain yang punya tendangan bebas akurat ini. Mulai dari top skor hingga pemberi assist.

Andalan Utama Timnas Italia

Kiprah Roberto Baggio juga tak bisa dilepaskan dari timnas Italita. Ia menjadi salah satu bintang besar yang mampu menjadikan timnas Italia tampil bagus di berbagai turnamen besar seperti Piala Eropa dan Piala Dunia. Perannya sangat penting buat Gli Azzuri di berbagai turnamen tersebut.

Sayangnya, Baggio gagal mempersembahkan gelar kepada timnas Italia. Di turnamen pertamanya, Ia hanya bisa membawa Italia jadi peringkat ketiga Piala Dunia 1990. Padahal, saat itu Italia bertindak sebagai tuan rumah dan berpeluang besar jadi juara.

Empat tahun berselang, Baggio gagal membawa Italia menang di final saat lawan Brazil. Saat itu eksekusi penalti terakhir dari Baggio yang gagal memastikan gelar Italia melayang. Momen itu terus menghantui Baggio sampai dengan sekarang.

Peraih Gelar Ballon d’Or

Salah satu hal yang juga patut diapresiasi dari sosok Baggio adalah keberhasilannya dalam meraih gelar Ballon d’Or. Berkat penampilan impresifnya, pada 1993 lalu Ia mendapatkan gelar Ballon d’Or dari France Football. Ia jadi satu dari sedikit pesepakbola Italia yang sukses raih gelar tersebut.

Lebih spesialnya lagi, Baggio mampu mengawinkan gelar Ballon d’Or dengan FIFA Player of the Year. Tak semua pemain bisa mengawinkan kedua gelar tersebut di tahun yang sama. Ini jadi catatan yang sangat luar biasa dan sulit disamai pemain lain.

Secara gelar individual, Baggio memang jauh melebihi pemain Italia lainnya. Mayoritas didapatkan oleh Baggio pada era 90-an. Hal ini tentu membuktikan bahwa Baggio memang jadi pesepakbola legendaris yang pernah dilahirkan oleh Italia.

Aktif Bermain di Usia Senja

Setelah mengalami masa – masa pahit, Roberto Baggio mengakhiri karirnya di sebuah klub kecil Italia bernama Brescia. Klub tersebut jadi rumah buat Baggio yang saat itu sudah menginjak kepala tiga. Meski tak muda lagi, Baggio tetap menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Empat musim bersama dengan Brescia, Bagggio mencatatkan sejumlah prestasi gemilang. Baggio mampu membawa Brescia bertahan di ajang Serie A. Mereka mampu bersaing ketat dengan tim – tim lain.

Ia sukses memimpin Brescia untuk konsisten berada di papan tengah klasemen Serie A selama empat tahun beruturut – turut. Hal ini bikin publik sepakbola Brescia benar – benar mencintai Roberto Baggio.

Kesimpulan

Karir Baggio memang mencapai puncak di era 90-an. Di era tersebut Baggio berhasil menorehkan banyak prestasi gemilang dari sisi individual maupun untuk tim. Ia bakal dikenang sebagai pesepakbola yang benar – benar berkualitas tinggi.

Roberto Baggio layak disandingkan dengan nama – nama besar lain di era 90-an. Ia jadi salah satu pemain ikonik buat timnas Italia. Namanya akan selalu dikenang sebagai salah satu talenta terbaik yang pernah dilahirkan oleh sepakbola Italia.

Pecinta sepakbola dan bulu tangkis. Menulis adalah salah satu cara terbaik saya mengekspresikan diri dan hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya: