Mengenang Karir Cemerlang Del Piero

Mengenang Karir Cemerlang Del Piero

Del Piero adalah salah satu pemain ikonik dari Italia yang namanya masih dipuja sampai sekarang meski sudah pensiun. Pemain yang menghabiskan mayoritas karirnya di Juventus tersebut jadi bagian penting dari sejarah sepakbola Italia. Tak heran jika nama Del Piero tetap abadi hingga kini.

Permainan Del Piero memang mengundang decak kagum banyak orang. Ia jadi idola dan ikon sepakbola Italia yang dikenal seantero dunia. Seperti apakah karir dari Allesandro Del Piero dulu? Berikut ini adalah ulasan mengenai karir cemerlang dari Del Piero.

Sukses Besar di Juventus

Banyak yang mengira kalau Del Piero adalah pemain didikan asli Juventus. Padahal faktanya bukan seperti itu. Ia memulai karir junior dan senior di Padova. Ia mengawali semuanya di tahun 1991 sebagai pemain Padova di Serie B. Karena dianggap pemain muda potensial, Del Piero pun dibeli Juventus pada 1993.

Di usia yang sangat muda Del Piero sudah jadi tulang punggung Juventus. Salah satu musim terbaiknya adalah 1997/1998 ketika dia bisa membukukan 32 gol di semua kompetisi. Itu adalah catatan terbaik sepanjang karirnya sebagai pesepakbola.

Jika ditotal, Del Piero sukses mempersembahkan gelar Scudettto sebanyak 6 kali, juara Liga Champions Eropa sekali, dan beberapa gelar lain macam Coppa Italia, Intercontinental Cup hingga UEFA Super Cup.

Ikon Sepakbola Italia

Jika Inggris mempunyai David Beckham, maka Italia punya Allesandro Del Piero. Ia tak hanya jadi seorang pesepakbola tapi juga ikon. Ia kerap membintangi iklan dan tampil di berbagai acara televisi. Hal ini menjadikannya seperti selebritas dari kalangan pemain sepakbola.

Seringkali gaya fashion dari Del Piero ditirukan oleh para fans dari seluruh dunia. Ia jadi simbol seperti layaknya David Bechkam di waktu yang sama.

Kemampuan di atas lapangan menadikan Del Piero memang layak dijadikan sebagai role model. Del Piero benar – benar dianggap sebagai contoh nyata dari seorang pesepakbola yang sukses di dalam maupun di luar lapangan.

Pahlawan Gli Azzuri

Kontribusi besar juga diberikan Del Piero kepada timnas Italia. Sejak usia muda, Ia selalu jadi andalan timnas. Pada 1996 Ia sukses membawa Italia jadi juara Euro U-21. Setelahnya, Ia jadi andalan di berbagai ajang internasional seperti Piala Dunia dan Euro.

Salah satu prestasi terbesarnya bersama Italia tentu saja adalah jadi juara dunia 2006. Salah satu momen terbaik dari Del Piero adalah mencetak gol ke gawang tuan rumah Jerman di babak semi final. Gol tersebut memastikan satu tempat partai final Piala Dunia kepada Italia.

Di timnas Italia, selain kontribusi dalam skema pemainan, Del Piero juga kerap sumbangkan gol. Selama membela timnas Italia di berbagai kompetisi, Del Piero sukses membukukan 27 gol. Torehan tersebut menjadikan Del Piero sebagai salah satu penyerang tersubur sepanjang sejarah timnas Italia.

Tua – Tua Keladi

Di penghujung karirnya, Del Piero masih punya peran besar di Juventus. Di usia 35 tahun lebih, Ia tetap bisa membawa Juventus untuk menjadi juara Serie A Italia.

Del Piero memutuskan untuk hengkang dari Juventus pada tahun 2012 di usia 38 tahun. Namun, Ia masih tetap bermain sepakbola. Ia sempat bermain untuk klub A League, Sydney FC selama dua musim. Selama dua musim itu, Del Piero masih bisa mencetak gol hingga dua digit

Del Piero akhirnya menutup karirnya di usia kepala empat di Indian Super League. Klub asal India itu menjadi pelabuhan terakhir dari Del Piero sebagai seorang pesepakbola. Ia menutup karirnya dengan berbagai pencapaian besar.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan mengenai karir cemerlang dari Del Piero. Sosok Del Piero ini memang tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Bersama dengan Juventus dan timnas Italia, Del Piero mampu menginspirasi banyak pesepakbola muda. Ia adalah pemain penting dalam sejarah sepakbola dunia.

Del Piero layak disejajarkan dengan para penyerang legendaris lainnya seperti Paolo Rossi, Francesco Totti hingga Gigi Riva. Ia akan dikenang sebagai salah satu ikon sepakbola Italia yang berjasa dalam mengembangkan dan mengenalkan kultur sepakbola Kota Pizza.

Pecinta sepakbola dan bulu tangkis. Menulis adalah salah satu cara terbaik saya mengekspresikan diri dan hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya: