Klub Kecil yang Sukses Berikan Kejutan di Premier League

Klub Kecil yang Sukses Berikan Kejutan di Premier League

Dalam sejarahnya, ada sejumlah klub kecil yang sukses berikan kejutan di Premier League. Entah itu mengalahkan tim besar, berada di zona Eropa bahkan menjuarai Premier League Inggris. Semua kejutan tersebut memberi warna tersendiri dalam Premier League Inggris.

Sejumlah klub kejutan memang pernah mewarnai sejarah Premier League Inggris. Hal ini menjadikan Premier League sebagai kompetisi yang sulit untuk ditebak. Berikut ini beberapa klub kecil yang sukses berikan kejutan di Premier League.

1. Leicester City jadi Juara

Salah satu klub kecil yang sukses bikin kejutan adalah Leicester City. Klub tersebut sukses jadi juara Premier League Inggris pada 2016 lalu. Ini jadi raihan yang sangat impresif dari klub yang saat ini terdegradasi ke Divisi Championsip.

Ketika itu, Leicester City memang bisa unggul dari tim – tim bertabur bintang lain seperti Liverpool, Chelsea, Manchester United, Arsenal, Spurs hingga Manchester City. Kemenangan itu jadi cerita yang sangat manis dalam sejarah Premier League.

2. Blackburn Rovers jadi Juara

Pada awal masa Premier League, Blakcburn Rovers berhasil jadi juara, tepatnya pada 1995. Ini cukup mengejutkan karena Blackburn bukanlah tim besar. Ia berhasil menjadi juara setelah mengungguli tim – tim tradisional lain seperti Liverpool dan Manchester United.

Juaranya Blackburn Rovers ini menjadi ajang unjuk gigi Alan Shearer. Ketika itu, Shearer memang jadi penyerang utama di Blackburn Rovers. Ia berhasil jadi ujung tombak utama Rovers untuk mengangkat trofi juara Liga Inggris. Sayangnya, setelah itu prestasi Blackburn justru melorot.

3. Ipswich Town Lolos ke Eropa

Pada musim 2001/2002, klub Ipswich Town sukses lolos ke kompetisi UEFA Cup atau sekarang bernama Europa League. Hasil itu didapatkan setelah Ipswich berhasil mengakhiri musim 2000/2001 sebagai peringkat kelima klasemen. Hebatnya, ketika itu Ipswich berstatus sebagai tim promosi.

Uniknya, pada musim yang sama saat mereka tampil di UEFA Cup, Ipswich terdegradasi. Hingga kini, Ipswich Town belum bisa kembali ke Premier League Inggris. Salah satu punggawa timnas Indonesia, Elkan Baggot jadi salah satu pemain buat Ipswich Town.

4. Portsmouth Masuk 5 Besar

Pada musim 2007/2008, Portsmouth jadi salah satu tim paling mengejutkan. Mereka tmapil konsisten dan sukses berada di posisi 5 besar klasemen di bawah Manchester United, Chelsea, Arsenal dan Liverpool. Karena hal itu, Portsmouth berhak tampil di ajang UEFA Cup.

Ketika itu, Portsmouth memang diperkuat oleh banyak pemain berkualitas. Dengan kualitas yang ditunjukkan oleh Portsmouth, mereka bisa konsisten berada di zona Eropa selama beberapa musim. Portsmouth jadi klub kuda hitam yang memang berkualitas tinggi.

5. Stoke City Melaju Hingga Europa League

Kejutan lain juga pernah diukir oleh Stoke City pada 2011/2012 saat mereka berhasil lolos ke Europa League. Ketika itu, Stoke City adalah tim kecil yang punya gaya main unik. Di bawah asuhan Tony Pulis, Stoke City mampu lolos dari babak grup Europa League.

Stoke City di bawah Toni Pulis memang andalkan gaya sepakbola kick and rush. Dengan gaya bola panjang dan permainan cepat, Stoke City mampu tampil impresif hingga bisa lolos ke Eropa. Sayangnya, langkah Stoke City tak bisa sampai ke perempat final.

6. Wigan Athletic Main di Europa League Meski Terdegradasi

Pada tahun 2013, Wigan secara mengejutkan sukses menangkan FA Cup. Di tahun yang sama, mereka harus terdgradasi dari Premier League. Sehingga, Wigan mewakili Inggris di kompetisi Eropa sebagai klub divisi kedua. Ini adalah prestasi yang sangat impresif dalam sejarah klub.

Wigan memang jadi salah satu anomaly dalam sejarah Premier League. Meski klub kecil, mereka bisa berbicara banyak hingga lolos ke Eropa. Saat ini, Wiga masih berada di divisi bawah dalam piramida sepakbola Inggirs.

Itulah tadi beberapa klub kecil yang sukses berikan kejutan di Premier League. Semua klub di atas ingin menunjukkan bahwa apapun bisa terjadi di Premier League. Sehingga, sejarah bakal mencatat kalau mereka pernah memberi warna tersendiri di kompetisi sepakbola terbaik di dunia tersebut.

Pecinta sepakbola dan bulu tangkis. Menulis adalah salah satu cara terbaik saya mengekspresikan diri dan hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya: