7 Pemain Legendaris Persebaya yang Bersinar di Timnas

7 Pemain Legendaris Persebaya yang Bersinar di Timnas

Ada banyak pemainan legendaris Persebaya yang pernah memperkuat timnas Indonesia. Pemain Persebaya yang punya ciri khas tersendiri itu memang sering dipanggil timnas. Tak heran kalau dari masa ke masa selalu ada pemain Persebaya di tubuh timnas Indonesia.

Persebaya memang sering mencetak pemain berbakat yang berkualitas tinggi. Hal ini disebabkan karena Persebaya punya kompetisi internal yang bagus. Banyak pemain didikan asli Persebaya yang sukses di timnas Indonesia. Ini dia 7 pemain legendaris Persebaya yang bersinar di timnas.

1. Bejo Sugiantoro

Bicara tentang pemain legendaris Persebaya yang bersinar di timnas, maka Sugiantoro perlu disebut. Pemain yang lebih dikenal dengan Bejo Sugiantoro ini mampu menorehkan prestasi bersama Persebaya dan juga timnas Indonesia.

Bejo adalah bek tangguh yang ikut serta dalam beberapa turnamen internasional bersama timnas seperti Piala Tiger, Piala Asia hingga kualifikasi Piala Dunia. Bakatnya menurun ke anaknya yakni Rahmat Irianto yang sekarang bermain juga untuk timnas senior Indonesia.

2. Uston Nawawi

Uston Nawawi jadi pemain legendaris Persebaya berikutnya yang bersinar di timnas Indonesia. Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini jadi langganan timnas di akhir 90-an hingga awal 2000-an. Ia merupakan pemain didikan asli kompetisi internal Persebaya.

Uston adalah gelandang serang yang punya kemampuan cetak gol dengan sangat baik. Ia sering menciptakan gol dari luar kotak penalti bersama dengan Persebaya maupun timnas Indonesia. Nama Uston Nawawi kini lebih identik dengan pelatih muda berbakat.

3. Hartono

Hartono merupakan pemain legendaris Persebaya yang bersinar di timnas selanjutnya. Hartono adalah pemain serba bisa yang sempat perkuat timnas Indonesia di tahun 90-an. Ia dikenal sebagai pemain yang punya stamina yang kuat.

Hartono memang jadi pemain kunci buat Persebaya di era 90-an. Salah satu kemampuan terbaiknya adalah lemparan ke dalam yang kuat. Sebelum ada Pratama Arhan, Hartono menjadi pemain yang punya kemampuan lemparan ke dalam yang jauh.

4. Yusuf Ekodono

Berikutnya ada Yusuf Ekodono yang merupakan legenda Persebaya dan timnas Indonesia. Yusuf Ekodono ini adalah penyerang andalan Persebaya di era 80-an. Ia juga sering dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia di berbagai turnamen luar negeri.

Yusuf Ekodono memang punya segudang prestasi gemilang di era Perserikatan. Jadi tak mengherankan jika Yusuf Ekodono kerap dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia kala itu. Sekarang, Yusuf Ekodono menekuni profesi sebagai pelatih.

5. Anang Ma’ruf

Anang Ma’ruf adalah pemain legendaris legendaris berikutnya dari Persebaya yang bersinar di timnas. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini terkenal dengan umpan silangnya yang akurat. Ia pernah menggondol gelar juara Liga Indonesia bersama dengan Persebaya.

Anang Ma’ruf memang punya spesialisasi umpan silang yang menawan. Ia sering dipanggil ke timnas untuk mengisi satu posisi di bek sayap kanan. Belum ada lagi bek sayap kanan yang gaya bermainnya mirip dengan Anang.

6. Chairil ‘Pace’ Anwar

Chairil Anwar adalah pemain legendaris Persebaya yang bersinar di timnas juga. Pemain yang bisa dipanggil dengan Pace ini memang jadi bintang Persebaya di era 90-an hingga awal 2000-an. Ia juga sering dipanggil timnas Indonesia di berbagai kesempatan.

Pace memang tergolong bek yang tangguh. Meski posturnya tak terlalu tinggi, namun Pace tetap bisa menunjukkan kalau Ia layak mendapatkan predikat sebagai bek tangguh berbadan mungil yang pernah bersinar di Persebaya.

7. Musryid Efendi

Terakhir ada nama Mursyid Efendi. Musryid adalah pemain legendaris Persebaya yang pernah membela timnas Indonesia di berbagai kejuaraan. Ia dibesarkan juga oleh kompetisi internal Persebaya yang tersohor itu.

Sayangnya, karir Musryid ternodai dengan sepakbola gajah. Ia mendapatkan larangan berkompetisi di sepakbola internasional seumur hidup setelah melakukan gol bunuh diri saat bela timnas Indonesia. Sampai sekarang, peristiwa itu selalu melekat pada diri Mursyid.

Itulah tadi 7 pemain legendaris Persebaya yang bersinar di timnas Indonesia. Ketujuh pemain tadi hanyalah contoh kecil dari banyaknya nama pemain Persebaya yang pernah membela timnas Garuda. Hal ini membuktikan bahwa Persebaya adalah klub penghasil pemain berkualitas.

Pecinta sepakbola dan bulu tangkis. Menulis adalah salah satu cara terbaik saya mengekspresikan diri dan hobi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Artikel Menarik Lainnya: